Monday, May 23, 2011

BELAJAR AUTOCAD 3D MENGGAMBAR ATAP


Kali ini kita akan mencoba membuat sebuah atap rumah sederhana, saya coba menggunakan cara yang paling mudah dan sederhana dalam membuat sebuah atap, mari kita coba ikuti langkah-langkahnya:
1.      Pertama tama buatlah sebuah denah atap sederhana dengan perintah Rectangle dan Line. Buat seperti gambar dibawah.
2.      Langkah berikutnya, kita buat garis bantu/imajiner seperti gambar dibawah
3.      Masuk ke tampilan View SE isometri, untuk melihat perspektif atap kita
4.      Untuk memosisikan gambar agar sesuai dengan keinginan kita atur memakai toolbar world, putar sesuai posisi agar tampak semua garis atap kita.
5.      Setelah memosisikan gambar yang menurut kita mudah untuk dilihat semua bidang gambarnya, Sekarang ketik perintah seperti dibawah
Command: _rotate3d
Current positive angle:  ANGDIR=counterclockwise  ANGBASE=0
Select object : klik garis bantu 1
Specify first point on axis or define axis by
[Object/Last/View/Xaxis/Yaxis/Zaxis/2points]: klik titik satu
Specify second point on axis: klik titik 2
Specify rotation angle or [Reference]: 90

6.      Hasilnya Garis Bantu telah menjadi tegak lurus


7.      Ulangi untuk garis bantu 2 seperti langkah 5 diatas, sehingga tampak seperti gambar dibawah
  
8.      Langkah selanjutnya mudah kita buat atap berdasarkan garis bantu tersebut, ikuti langkah berikut

Command: 3dface
Specify first point or [Invisible]: klik titik 1
Specify second point or [Invisible]: klik titik 2
Specify third point or [Invisible] : klik titik 3
Specify fourth point or [Invisible] : klik titik 4
Specify third point or [Invisible] : Enter


9.      Ulangi cara 8 diatas untuk semua sisi atap, pasti bisa kan? Nah hasil nya nanti seperti gambar dibawah

10.  Sekarang kita hapus semua garis bantu 2d, sehingga atap 3d kita sekarang sudah jadi
11.  Sekarang tahap terpenting dari sebuah 3d, yaitu pemberian material, buka menu VIEW > RENDER > MATERIAL

12.  klik toolbar new , sehingga muncul dialog seperti bibawah, beri nama genteng lalu untuk mencari material genteng di file kita klik FIND FILE
13.  Pilih File genteng di dalam komputer kita, lalu klik OPEN
14.  Setelah muncul kotak dialog seperti di no.12 masuk ke menu AdJUST BITMAP, Atur scala genteng ( harap disesuaikan dengan bidang gambar masing-masing)

15.  Kemudian kita atur genteng agar bisa memantulkan cahaya, caranya dengan mengatur tingkat REFLECTION di Modify Standard, atur value, dan aktifkan MIRROR, setelah semua sudah diatur klik ok
16.  Nah sekarang ATTACH material genteng kita ke semua object genteng
17.  Langkah selanjutnya kita atur cahaya sehingga tampilan render nanti bisa lebih real, masuk ke VIEW > RENDER > LIGHT, klik new untuk membuat sumber cahaya baru
18.  Kemudian kita buat nama CAHAYA dan atur sesuai kotak dialog dibawah (atau sesuai dengan kebutuhan cahaya)
Sebelumnya harap cek posisi cahaya di tampilan gambar apa sudah sesuai atau belum dengan yang kita harapkan, untuk memindahkan posisi cahaya bisa langsung klik cahaya dengan perintah MOVE, tapi ingat koordinatnya (x,y,z)
19.  Nah sekarang kita atur tampilan perspektif gambar kita dengan perintah DVIEW
Coba kita ikuti sesuai dengan tampilan tutorial ini.

Command: dview
Select objects or : all
Select objects or : Enter
[CAmera/TArget/Distance/POints/PAn/Zoom/TWist/CLip/Hide/Off/Undo]: ca
Specify camera location, or enter angle from XY plane,
or [Toggle (angle in)] <90.0000>: 15
Specify camera location, or enter angle in XY plane from X axis,
or [Toggle (angle from)] <90.00000>: -45
Enter option
[CAmera/TArget/Distance/POints/PAn/Zoom/TWist/CLip/Hide/Off/Undo]: d
Specify new camera-target distance <1.0000>: 10
Enter option
[CAmera/TArget/Distance/POints/PAn/Zoom/TWist/CLip/Hide/Off/Undo]: z
Specify lens length <50.000mm>: 60
Enter option
[CAmera/TArget/Distance/POints/PAn/Zoom/TWist/CLip/Hide/Off/Undo]: ENTER 2 Kali

Hasilnya seperti gambar dibawah.



Nah dari langkah diatas bisa diatur sesuai dengan sudut pandang kita masing masing, intinya Cuma mengubah Camera, distance, zoom dan jika perlu Pan untuk menggeser gambar.

20.  Langkah terakhir Render VIEW > RENDER > RENDER, nah untuk mendapat hasil yang maksimal  dengan render kita atur sesuai dengan dialog box di bawah

Kemudian klik render dan inilah hasilnya

MUDAH BUKAN, untuk material, pencahayaan jika belum sesuai bisa di atur lagi sesuai dengan langkah2 diatas, intinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus selalu gunakan metode Coba-coba