Monday, June 20, 2011

TUTORIAL AUTOCAD 3D MENGGAMBAR RUANG KELUARGA

Untuk menggambar ruang keluarga sederhana, kita akan mencoba belajar menggambar sebuah kursi sofa, meja kayu, dan sebuah lukisan sederhana, sekarang terlebih dahulu silahkan download material dan gambar autocad yang sudah jadi sebagai bahan latihan, untuk sekarang kita mulai tahap pertama

 
  1. Langkah pertama buatlah sebuah denah ruang keluarga sederhana seperti gambar dibawah.

  1. Langkah kedua atur view menjadi SE isometric atau sesuai dengan kemauan anda untuk mempermudah pandangan dalam 3D


  1. beri ketinggian dudukan sofa
Command: ext
EXTRUDE
Current wire frame density:  ISOLINES=4
Select objects: 1 found
Select objects: 1 found, 2 total
Select objects:
Specify height of extrusion or [Path]: 0.25
Specify angle of taper for extrusion <0>: ENTER


  1. Beri ketinggian sandaran sofa

Command : EXTRUDE
Current wire frame density:  ISOLINES=4
Select objects: 1 found
Select objects: 1 found, 2 total
Select objects:
Specify height of extrusion or [Path]: 0.75
Specify angle of taper for extrusion <0>: ENTER


  1. copy dudukan sofa menjadi seperti gambar di bawah



  1. Atur sudut sofa menjadi lengkung dengan perintah fillet
Command: _fillet
Current settings: Mode = TRIM, Radius = 0.0500
Select first object or [Polyline/Radius/Trim]:
Enter fillet radius <0.0500>:
Select an edge or [Chain/Radius]: ujung sofa
Select an edge or [Chain/Radius]: ujung sofa
Select an edge or [Chain/Radius]: ujung sofa
Select an edge or [Chain/Radius]: ujung sofa
4 edge(s) selected for fillet.

Lakukan dengan perintah yang sama sehingga seperti gambar dibawah


  1. Beri ketinggian meja dengan perintah ext dengan ketinggian 0.05


  1. beri ketinggian kaki meja dengan ketinggian 0.5


  1. atur kedudukan meja seperti dibawah


  1. Beri ketinggian tembok dengan perintah ext setinggi 3 dan lantai 0.05


  1. copy lantai menjadi eternit dengan mendudukan posisi seperti gambar dibawah


  1. atur UCS seperti gambar dibawah dengan mengetik Command: UCS
Command:
UCS
Current ucs name:  *FRONT*
Enter an option [New/Move/orthoGraphic/Prev/Restore/Save/Del/Apply/?/World]
: Move
Grid too dense to display (klik posisi seperti gambar)
 Untuk mengatur arah XYZ gunakan orthographic

  1. gambar sebuah lukisan dengan perintah rectangular dengan ukuran 2.5x1



   14. letakkan kedudukan gambar seperti gambar dibawah dengan perintah move, beri ketebalan 0.05



     15. Buat sebuah cahaya baru



     17. atur posisi ditengah2 ruangan


     18. beri material pada tiap-tiap bagian,


Cara pemberian material bias dilihat pada latihan sebelumnya, material bias di download pada bagian lain diblog ini, jangan lupa atur bitmap material, dan reflection pada modifiy material

Kemudian ATTACH ke masing-masing benda

    19. atur Render material




   20. atur tampilan 3D

Command: DVIEW
Select objects or : ALL
34 found
Select objects or :
*** Switching to the WCS ***
Enter option
[CAmera/TArget/Distance/POints/PAn/Zoom/TWist/CLip/Hide/Off/Undo]: CA
Specify camera location, or enter angle from XY plane,
or [Toggle (angle in)] <7.0000>: 7
Specify camera location, or enter angle in XY plane from X axis,
or [Toggle (angle from)] <7.00000>: -75
Enter option
[CAmera/TArget/Distance/POints/PAn/Zoom/TWist/CLip/Hide/Off/Undo]: D
Specify new camera-target distance <6.0000>: 6
Enter option
[CAmera/TArget/Distance/POints/PAn/Zoom/TWist/CLip/Hide/Off/Undo]: Z
Specify lens length <30.000mm>: 30
Enter option
[CAmera/TArget/Distance/POints/PAn/Zoom/TWist/CLip/Hide/Off/Undo]:
*** Returning to the UCS ***

  21. Kemudian langkah terakhir RENDER


Dengan sedikit modifikasi ruangan dan pencahayaan