Friday, May 4, 2012

Dimension Style Manager Part 2.

Cara Setting Extention Line Dalam Dimension Style Manager.

Pada dimension Style manager part 1 kita sudah mensetting tab Line yakni Dimension Line kemudian kita lanjutkan ke settingan extention line,sebelum kita memulai merubah atau mensetting extention line dalam dimension style sebaiknya kita tahu dulu apa itu extention line dalam dimension style manager.

Extention Line = dua buah Garis yang menjadi batasan titik pertama mulainya pengukuran dan titik akhir pengukuran.

Hal hal yang sering atau umum dirubah atau disetting pada extention lines dalam Dimension Style Manager adalah sbb :

1.Color = warna dari garis ( secara default menggunakan warna by block alias white ).

2.Linetype Extention Line 1 & Linetype Extention Line 2 =type garis yang akan digunakan sebagai garis dalam extention line.( secara default menggunakan type by block ).


3.Lineweight = ketebalan garis ukur ( secara default Lineweight dimension style itu menggunakan by block yang mempunyai ketebalan garis sama dengan by layer,by block dan default ),untuk gambar yang mempunyai garis continue lebih tebal lineweight dimension style juga bisa ikut lebih tebal,begitu sebaliknya.

4.Suppress = menekan atau menagarahkan garis dimensi kearah titik / batas garis dimension pertama atau kedua .

5.Extend Beyond Dimension Line = garis yang melebihi dari garis dimensi awal. (secara default 1,25mm terserah kita akan menggunakanya tergantung besar dan kecilnya obyek yang akan kita kasih ukuran dimensionalnya ).

6.Offset From Origin = jarak titik akhir garis dimensi dengan titik obyek yang akan diberi dimensionalnya.( secara Default berjarak 0.625mm ).

Cara Setting Extention Line Dalam Dimension Style Manager.     

 untuk lebih jelas dan detailnya bagaimana mensetting dimension style manager khusunya tab line silahkan lihat video tutorialnya tentang setting Line dalam Dimension Style Manager.

Ulasan tentang cara setting Dimension Style Manager akan dilanjut pada Dimension Style Manager Part 3.